Mengenal CARE TOURISM Lebih Dekat


Tidak mustahil ada di antara Anda yang bertanya-tanya: Apa gerangan CARE TOURISM itu? … Jangan kecil hati, hal itu merupakan hal yang wajar, mengingat banyak lainnya juga yang belum mengenalnya. Oleh karena itu, kami sampaikan informasi ini untuk Anda, agar dapat mengenal Care Tourism lebih dekat.

Berlatar belakang pemikiran atas kinerja yang semakin merosot tajam sebagai akibat krisis ekonomi 1997 yang berlanjut dengan gejolak politik, social budaya tahun 1998 dan selanjutnya, pada tahun 1999 telah dibentuk sebuah organisasi Masyarakat Peduli Pariwisata dengan nama Yayasan Bina Pariwisata atas prakarsa beberapa orang para mantan pejabat lembaga pariwisata, baik pemerintah maupun swasta, antara lain Laksamana Muda (purn) TNI-AU Sri Mulyono Herlambang (alm.), Sani Soemakno, A. Soenaryo, Indra Abidin, I.B. Kompyang, Paul Siregar (alm.), F. Purwono, Wim N. Tambayong dll.
Pembentukannya didasari atas kesadaran akan pentingnya pengembangan pariwisata bagi kehidupan ekonomi, social budaya, persaudaraan antar suku bangsa di tanah air serta persahabatan dan perdamaian dunia.

Setelah sekian lama kegiatan Bina Pariwisata berlangsung, Bina Pariwisata diresmikan menjadi Care Tourism pada tanggal 9 April 2006 dengan Ketua Umum Laksamana Muda (purn) TNI-AU Sri Mulyono Herlambang (alm.), mantan Menteri Panglima AU dan mantan Ketua Umum ASITA (Indonesian Association of Travel Agencies/Persatuan Biro Perjalanan Indonesia) dan A. Sunaryo, mantan Direktur Garuda Indonesia, selaku Ketua.

Sepeninggal Bpk. Sri Mulyono Herlambang, tahun 2007, kegiatan selanjutnya dipimpin Bpk. A. Sunaryo selaku Ketua, sementara posisi Ketua Umum masih vakum.

Pada dasarnya Care Tourism bukanlah organisasi politik, melainkan lembaga swadaya masyarakat peduli pariwisata demi Tanah Air Indonesia. Dengan demikian, lembaga ini kami sebut sebagai: CARE TOURISM, – The Tourism Society of Indonesia (Masyarakat Peduli Pariwisata Indonesia, MPPI) -, lihat juga halaman : About Us/Tentang Kami.

Adapun pemikiran pembentukannya dilandasi oleh idealisme yang luhur perihal upaya pengembangan kepariwisataan Indonesia yang ditujukan demi kemakmuran dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

INDONESIA yang terletak pada posisi silang di antara dua Benua (Asia dan padang-adhityawarman-museumAustralia) dan dua Samudera (Pasifik dan Hindia) serta dianugerahi berbagai kekayaan yang melimpah patut kiranya disyukuri bersama.

Nilai luhur Agama, Suku Bangsa, Adat Istiadat dan Budaya yang beragam serta warisan Peninggalan Sejarah yang berada di Nusantara Indonesia, memiliki keunggulan dan daya pikat tersendiri yang tidak dimiliki negara lain, perlu pula kita sadari dan kita junjung tinggi.

Kekayaan dan kondisi alam serta keaneka-ragaman Budaya yang mempesona itu merupakan MODAL DASAR yang potensial untuk procession-at-tampaksiring-balidikembangkan dan diwujudkan sebagai daya tarik pariwisata, sehingga Indonesia menjadi Daerah Tujuan Wisata Utama Dunia, agar pariwisata mampu menjadi Sektor Andalan dalam meningkatkan dan menggalakkan kegiatan ekonomi serta mampu meningkatkan penghasilan devisa, memperluas peluang usaha dan kesempatan kerja di samping sebagai pendorong kesatuan dan persatuan nasional serta persahabatan dan perdamaian antar bangsa di dunia.

Atas dasar pemikiran dan keyakinan tersebut di atas, disertai Ridho Tuhan Yang Maha Esa, dan dibekali semangat kesatuan dan persatuan serta rasa persaudaraan, kekeluargaan dan kesetia-kawanan, para insan peduli pariwisata telah sepakat berprakarsa membentuk CARE TOURISM yang merupakan wadah yang mempersatukan tekadnya untuk melanjutkan pengabdiannya dalam pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan.

Sejak itu, banyak sudah kegiatan yang dilakukannya antara lain tatap muka, tukar fikiran, seminar dan lokakarya yang diprakarsai Care Tourism bersama lembaga pemerintah maupun swasta.

Itulah sekedar perkenalan pertama dengan Care Tourism bagi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
Disertai Salam Pariwisata,

Pengurus Care Tourism

One Response

  1. Langkah penting yang harus dilakukan oleh CARE TOURISM adalah sosialisasi kepada para pelaku pariwisata dan bersinergi dengan lembaga2/yayasan lain agar bisa memberikan warna dan dinamika Pariwisata Indonesia bisa bersaing, menghias dan mempesona DUNIA, apalagi Kita tahu bahwa pendiri yayasan ini adalah pejuang2 pariwisata handal yang mendedikasikan hidupnya bagi kemajuan pariwisata Indonesia, saya yang puluhan tahun bekerja di Dinas Pariwisata DKI(seperti juga p.SWA dan sebentar lagi pensiun), sangat gembira menyambut keberadaan CARE TOURISM yang akan banyak berperan dalam kemajuan Pariwisata Indonesia, dan bagi saya sendiri blog ini adalah “mercu suar” yang akan menuntun saya mengarungi lautan pariwisata yang penuh dinamika, syukur bisa memberikan setetes arti bagi pariwisata khususnya Jakarta, mudah2an apa yang diminta oleh p.SWA untuk menyebar luaskan blog ini bisa saya lakukan, selamat bekerja dan bekarya.
    Salam pariwisata.

    ZAMKHA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: