KE MANA ARAH PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN INDONESIA? (Bagian-1)


Kemana Arah Pembangunan Kepariwisataan Indonesia?Pada kesempatan yang lalu, ditampilkan artikel mengenai Perencanaan Pengembangan Kepariwisataan.
Dalam kesempatan ini, salah seorang anggota Care Tourism, Cri Murthi Adi menulis tentang Arah Pembangunan Kepariwisataan, yang menurutnya merupakan hal paling dasar dalam perencanaan. Karena artikel ini agak terlampau panjang untuk ditampilkan sekaligus, maka kami bagi menjadi tiga bagian. Inilah bagian-1 tulisannya.

I. PARADIGMA BARU PEMBANGUNAN PARIWISATA INDONESIA
(1).Pembangunan Pariwisata Indonesia dihadapkan pada pelbagai permasalahan, tantangan, peluang dan juga hambatan baik berskala global maupun nasional.
Seringkali dinyatakan, bahwa pariwisata berperan penting sebagai penghasil devisa bagi pembangunan ekonomi suatu Negara, namun pada kenyataannya pariwisata memiliki spectrum fundamental pembangunan yang lebih luas.
Di Indonesia, pembangunan pariwisata pada dasarnya ditujukan untuk:
1.1 Persatuan dan Kesatuan Bangsa;
1.2 Penghapusan Kemiskinan & Pengangguran;
1.3 Pembangunan Berkesinambungan (Sustainable Development);
1.4 Pelestarian Budaya (Culture Preservation);
1.5 Peningkatan (stimulasi) kegiatan dan nilai-nilai Ekonomi dan Industri;
1.6 Pemenuhan Kebutuhan Hidup dan Hak Azasi Manusia;
1.7 Pengembangan Teknologi.
Dengan demikian, pembangunan pariwisata mampu memberi manfaat bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah yang lebih luas dan bersifat fundamental. Pariwisata menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembangunan suatu daerah dan terintegrasi dalam kerangka peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat yang juga menunjang kesejahteraan masyarakat secara nasional.

(2). Kemauan Politik (Political Will) belum disertai Program yang konkrit. Dirasakan perlu adanya peningkatan wawasan dan pemahaman yang mampu menjabarkan Kemauan Politik tersebut ke dalam Program yang efektif;
2.1 Pasar Domestik yang besar dan potensial adalah peluang yang belum maksimal dimanfaatkan;
2.2 Pembangunan Tujuan Wisata hingga dewasa ini dilakukan secara partial dan belum berorientasi pada pasar, kurang mempertimbangkan potensi dari karakter pasar;
2.3 Penyebaran Pusat-pusat kepariwisataan sangat diperlukan mengingat pembangunan kepariwisataan terkonsentrasi pada daeraah tertentu saja dengan efek distribusi yang masih terbatas;
2.4 Pariwisata Nusantara sebagai tulang punggung pariwisata Indonesia memerlukan peningkatan aksesibilitas untuk menunjang mobilitas domestik. Perlu dipertimbangkan deregulasi dalam pengangkutan udara maupun laut dengan angkutan penyeberangan yang mampu meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat/pelaku perjalanan (wisatawan);
2.5 Kelembagaan. Kepariwisataan Indonesia memerlukan suatu lembaga yang kompeten dengan syarat berada dalam posisi memiliki jangkauan kewenangan yang memadai untuk mewujudkan fungsi koordinasi;
2.6 Pembangunan Pariwisata berwawasan lingkungan. Dalam rangka menghadapi paradigma baru dan tuntutan global, pembangunan pariwisata hendaknya diarahkan untuk menganut standar kepedulian lingkungan yang tinggi dan kepedulian terhadap kepentingan ekonomi masyarakat lokal dan terhadap norma dan nilai budaya masyarakat;
2.7 Pemberdayaan Kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk mengangkat pelaku usaha kepariwisataan Indonesia skala kecil dan menengah, diperlukan kebijakan keuangan yang disertai penyuluhan profesional terencana;
2.8 Ketidak-siapan daerah untuk menghadapi tantangan pembangunan kepariwisataan, khususnya dalam lingkup otonomi daerah, dari segi aparat maupun dari segi dukungan sarana dan prasarana;
2.9 Citra Indonesia sebagai multi-destination, di dunia internasional masih belum jelas. Masyarakat internasional masih lebih mengenal Bali, walaupun dalam kenyataan banyak tujuan wisata lain yang menawarkan berbagai Ragam Produk Unik;

(Bersambung Bagian-2)

One Response

  1. […] KEPARIWISATAAN INDONESIA? (Bagian-2)DAMPAK EKONOMI APA YANG DIPEROLEH DARI PARIWISATA? (BAGIAN I)KE MANA ARAH PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN INDONESIA? (Bagian-1)KIAT MENINGKATKAN DAYA SAING […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: