UPAYA PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN


Issu tentang pembangunan berkelanjutan (sustainable development) tidak hanya dibahas di kalangan kepariwisataan semata. Sejak dasawarsa 1970-an issu tersebut sudah menjadi topik pembicaraan yang hangat. Namun banyak hal yang perlu kita ketahui tentang pembangunan berkelanjutan.

Pembahasan pembangunan pariwisata berkelanjutan tidak dapat dilihat berdiri sendiri, melainkan harus dilihat dari keterkaitannya dengan berbagai segi, bidang dan sektor secara umum. Pada hakekatnya, pembangunan berkelanjutan menyangkut semua bidang yang digarap dan dikembangkan serta diberdayakan demi sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat. Mulai dari eco-industry, eco-forestry, eco-fishery, eco-mining, eco-tourism dsb. yang pada awalnya dikenal sebagai “Pembangunan Berwawasan Lingkungan” dan dewasa ini seringkali diutarakan sebagai “green development”.

Apapun istilahnya yang digunakan, pembangunan berkelanjutan ditujukan untuk mengoptimalkan manfaat pembangunan itu untuk kesejahteraan masyarakat dalam arti seluas-luasnya. Tidak hanya dilihat dari manfaat ekonomi semata, melainkan juga dalam berbagai hal yang dampaknya memberikan rasa sejahtera secara lahir bathin, seperti ketenteraman, ketertiban, keamanan, ketenangan, kenyamanan, kesehatan, kepastian lapangan kerja, kepastian peluang pendidikan, kepastian hukum dan sejenisnya.

Sama halnya dengan bidang-bidang lainnya, dalam hal pembangunan kepariwisataan berkelanjutan pun belum banyak diketahui mengenai persyaratan, kriteria dan tolok ukurnya.
Dalam hubungan itu, Care Tourism mencoba menyajikan karya tulis dari berbagai sosok kepariwisataan. Dalam kesempatan kali ini kami tampilkan tulisan Dra. Cri Murthi Adi, seorang tokoh pariwisata senior, mantan Direktur Pemasaran Pariwisata Direktorat Jenderal Pariwisata, Departemen ParPosTel (sekarang Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata). Dalam tulisannya Dra. Cri Murthi Adi menampilkan rincian persyaratan agar pembangunan kepariwisataan berkelanjutan betul-betul dapat dipetik manfaatnya bagi bangsa dan negara, khususnya bagi kalangan masyarakat umum.

Semoga tulisannya bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: