Membangun Pariwisata Ramah Lingkungan (Sustainable Tourism)


Berbicara tentang kepariwisataan, agaknya kita tidak dapat dilepaskan dari masalah kelestarian lingkungan (environmental sustainability), baik lingkungan alam, lingkungan sosial budaya maupun lingkungan ekonomi masyarakat sekitarnyanya (ekonomi sosial).
Dan, berbicara soal kelestarian lingkungan, khususnya lingkungan alam, kita akan diingatkan pada pelestarian margasatwa beserta lingkungan alamnya (seperti Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon dll.).
Sejak lama kita mengenal adanya “kawasan perlindungan margasatwa”, “kawasan perlindungan alam” dan “kawasan perlindungan budaya” yang disebut juga “Suaka Margasatwa”, “Suaka Alam” serta “Suaka Budaya”.
Dalam hubungan dengan pembangunan kepariwisataan, mengapa “kelestarian” (sutainabality) menjadi sangan penting?
Karena, pengembangan kepariwisataan di suatu tempat bertumpu pada “Alam, Budaya dan Ekonomi masyarakat” tempat yang bersangkutan, sebagai “Modal Utama”-nya.
Mau tidak mau, suka tidak suka, lingkungan alam, budaya dan ekonomi masyarakatnya perlu dijaga agar tidak menjadi rusak, baik oleh pengembangan kepariwisataan itu sendiri maupun akibat pengembangan bidang lainnya (industri, pertambangan, perikanan dsb.) bahkan sejatinya saling menunjang satu dengan lainnya. Sekali modal utama ini menjadi rusak, maka negara atau tempat tersebut menjadi tidak menarik lagi untuk dikunjungi.
Pada mulanya, sebelum tahun 1960-an sampai dengan tahun 1970-an pengenalan kita terhadap pelestarian lingkungan hanya terbatas pada upaya-upaya pelestarian alam dalam bentuk “cagar alam”, “cagar budaya” yang kemudian berkembang menjadi “suaka alam”, “suaka margasatwa” serta “suaka budaya” yang selanjutnya berkembang pada taman nasional, bahkan akhir-akhir ini lebih meluas jangakauannya dalam bentuk geopark (geological park) yang bukan hanya sekedar pelestarian alam sekitarnya melainkan juga melibatkan kepesertaan masyarakat untuk berperan dalam melindungi sampai meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya di dalamnya.
Sejak akhir tahun 1980-an sampai dengan akhir-akhir ini, dunia semakin menyadari adanya kemunduran di bidang kelestarian dunia pada umumnya, khususnya di negara-negara tertentu, terutama yang sedang gencar mengembangkan kepariwisataannya. Oleh karena itu, pemerintah indonesia pun mengupayakan agar pengembangan kepariwisatan di tanah air tetap menjaga kelestarian (sustainable).

Di bawah ini kami sajikan artikel yang terkait dengan pembangunan destinasi pariwisata yang sustainable dari Wuryastuti Sunario, salah seorang anggota dan mantan Ketua Care Tourism, yang berjudul: Membangun Destinasi Pariwisata yang Digital dan Sustainable
Karena artikelnya agak panjang, dalam kesempatan ini kami sajikan dalam format pdf (e-book).

Di dawah ini, juga kami sajikan daftar artikel Care Tourism lainnya yang menyinggung masalah kelestarian (sustainability).

==========

Silahkan baca juga:
https://caretourism.wordpress.com/2013/09/20/pariwisata-massal-dan-implikasinya/
https://caretourism.wordpress.com/2013/09/07/idealisme-pengembangan-pariwisata-bertanggung-jawab/
https://caretourism.wordpress.com/2011/08/30/pengertian-kepariwisataan-ecotourism/
https://caretourism.wordpress.com/2010/01/09/pariwisata-berkelanjutan-dan-masalahnya-di-indonesia/
https://caretourism.wordpress.com/2009/11/29/ke-mana-arah-pembangunan-kepariwisataan-indonesia-bagian-3-terakhir/
https://caretourism.wordpress.com/2009/11/10/degradasi-lingkungan-suatu-ironi-dalam-pengembangan-kepariwisataan/
https://caretourism.wordpress.com/2009/03/11/hubungan-ecotoursm-ecological-tourism-responsible-tourism-dan-sustainable-tourism/
https://caretourism.wordpress.com/2008/12/18/pariwisata-penuh-tanggung-jawab-responsible-tourism/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: